Identifikasi dan Penentuan Struktur Kimia Alkoloid Daun Vernonia Amygdalina Delile Serta Pengaruhnya Terhadap Enzim Glukosidase Pada Penderita Diabetes

Jumlah penderita diabetes melitus tiap tahun meningkat. Data WHO menunjukan bahwa Indonesia menempati peringkat keempat tertinggi di dunia....

Rekayasa Bioproses Produksi Bioetanol dari Alang-alang dengan Teknik Ko-kultur Ragi Tape dan Zymomonas mobilis

SOCIALIZE IT ⇨
Bioetanol merupakan produk fermentasi dari tumbuhan yang mengandung pati atau lignoselulosa dengan bantuan mikroorganisme. Salah satu pembuatan bioetanol adalah alang-alang. Alang-alang merupakan tumbuhan yang tersebar hampir diseluruh bumi. Alang-alang dianggap sebagai gulma dilahan pertanian. Alang-alang juga mengandung lignoselulosa yang cukup tinggi yang berpotensi untuk dibuat sebagai bioetanol. 

Alang-alang (wikipedia)
Dalam penelitian ii bioetanol dibuat dengan cara fermentasi dengan bantuan ko-kultur ragi tape dan Zymomonas mobilis. Ko-kultur itu sendiri menghasilkan bioetanol yang lebih baik daripada menggunakan kultur tunggal (monokultur) yang biasanya menggunakan mikroorganisme Saccharomyces cerevisiae. Penggunaan Zymomonas mobilis juga menghasilkan hasil yang lebih baik daripada menggunakan Saccharomyces, yaitu bioetanol yang diperoleh lebih optimum. 

Koloni bakteri Zymomonas mobilis (Gb:jgi.doe.gov)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan alternatif teknologi bioproses dari alang-alang menggunakan teknik ko-kultur ragi tape dan Zymomonas mobilis yang menghasilkan kosentrasi etanol lebih tinggi dibandingkan dengan proses produksi tanpa ko-kultur.

Kata kunci : Bioetanol, alang-alang, Ragi tape, Zymomonas mobilis
By Noer Laely Sa'adah dan Wilda Amalia Hasana
MAN 2 Kudus Jawa Tengah

0 comments:

Post a Comment