Identifikasi dan Penentuan Struktur Kimia Alkoloid Daun Vernonia Amygdalina Delile Serta Pengaruhnya Terhadap Enzim Glukosidase Pada Penderita Diabetes

Jumlah penderita diabetes melitus tiap tahun meningkat. Data WHO menunjukan bahwa Indonesia menempati peringkat keempat tertinggi di dunia....

Pemanfaatan Sekam Padi DalamBentuk Abu Limbah Pembakaran Batu Bata Sebagai Penyerap Nikel II

SOCIALIZE IT ⇨
Air bersih sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup untuk berbagai keperluan hidupnya. Sayangnya banyak sumber air yang telah tercemar berbagai jenis polutan berbahaya, terutama sumber air dikawasan industri. Untuk itu diperlukan metode yang praktis dan berbiaya rendah untuk menurunkan atau menghilangkan kadar polutan dalam air.

Pemanfaatan Sekam Padi DalamBentuk Abu Limbah Pembakaran Batu Bata Sebagai Penyerap Nikel II
Sekam padi (Gb.wikipedia)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengkarakterisasi sekam padi abu limbah pembakaran batu batadan mengetahui metode aktivasi terbaik untuk menghasilkan adsorpsi optimal sebagai penyerap Ni (II). Penggunaan bahan ini dilatarbelakangi banyaknya limbah sekam padi pada pembakaran batu bata. 

Pemanfaatan Sekam Padi DalamBentuk Abu Limbah Pembakaran Batu Bata Sebagai Penyerap Nikel II
Salah satu larutan Ni(II) (Gb.wikimedia)
Penelitian dilakukan dengan variasi metode aktivasi serta waktu kontak terhadap adsorben dengan metode batch dan flow. Karakterisasi abu sekam padi dilakukan denagn FT-IR, TG-DTA, BET, XRF. Analisa kandungan ni(II) dalam filtrat dilakukan dengan AAS. Adsorpsi maksimal tercapai pada aktivasi basa-Mn dalam waktu 8 jam dengan presentase adsorbsi 99,55% dengan pengurangan kadar Ni sebesar 2,1292 ppm untuk 5 gram adsorben. Metode flow dengan aktivasi basa-Mn menghasilkan 99,45% dalam waktu 1 jam adsorpsi dengan pengurangan kadar 2,127 ppm.

Kata Kunci : adsorbsi, abu sekam padi, Ni(II), logam berat, limbah
By Fa'iq Amanullah Utomo dan Zufar Maulana Ihsan
SMA Negeri 2 Semarang Jawa Tengah
LKIR LIPI 2015

0 comments:

Post a Comment